Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan
Pembelajaran Berbasis Genre (Genre Based Approach) melalui cerita pada siswa
kelas IV MI Muhammadiyah Kelayu Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian eksperimen desain True Experimental Design dengan
bentuk penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas IV.a dan kelas IV.b semester ganjil MI Muhammadiyah
Kelayu Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 17 orang peserta didik pada
kelas IV.a dan 17 peserta didik pula pada kelas IV.b. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi untuk mengetahui kemampuan berbicara melalui cerita
peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis genre (genre
based approach). Sebelum data dianalisis, instrumen diuji validitas. Setelah data
terkumpul, kemudian dilakukan analisis hasil posttest. Hasil tes padaposttest pada
kelas kontrol mencapai rata-rata 55 atau berada pada kategori cukup. Kemudian pada
saat posttest pada kelas eksperimen mencapai 75 dengan kategori baik. Untuk uji
prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat sedangkan
teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji hipotesis
diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,42 > 1,69, hal ini berarti bahwa hipotesis diterima yaitu
ada pada pengaruh signifikan pada penerapan pendekatan pembelajaran berbasis
genre (genre based approach) terhadap kemampuan berbicara melalui cerita kelas IV
MI Muhammadiyah Kelayu Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Pendekatan pembelajaran berbasis Genre, kemampuan berbicara