Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah didasarkan pada pengaruh media
sosial (facebook) terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Bebuak lilin.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial (facebook)
pada prestasi belajar siswa kelas V SDN Bebuak Lilin. Tujuan penelitian adalah
untuk dapat menetahui apakah adanya pengaruh media sosial terhadap prestasi
belajar siswa. Metode peneltian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif
deskriptif dengan teknik, Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan dari 13 orang siswa kelas 5 SDN Bebuak Lilin terdapat 3 orang
siswa yang aktif dalam menggunakan facebook dan prestasibelajar menurun, 9
orang siswa kurang aktif dalam menggunakan facebook dan prestasi belajar
mereka tetap, 1 orang siswa sama sekali tidak mengetahui apa itu facebook dan
tidak pernah menggunakan. Simpulan dari penelitian adalah bahwa adanya
pengaruh media sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SDN
Bebuak Lilin.
Kata kunci: Prestasi Belajar, dan Media Sosial (Facebook)