Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran
kolaboratif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan cerita pendek
siswa kelas V SDN 7 Sakra. Adapun model penelitian yang digunkan dalam
peneltian ini adalah model pengembangan dari Thiagarajan model Four D, yang
meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan
(develope). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 7 Sakra sebanyak 26
orang. Penilaian produk melalui tahap validasi ahli materi, ahli tampilan dan uji
coba lapangan . Penilaian produk yang dilakukan tim ahli materi pada buku guru,
buku siswa dan buku model sebesar 76 dan berada pada rentangan X > 67,21
dengan kategori sangat baik, selain itu pada penilaian tim ahli tampilan pada buku
guru, buku siswa dan buku model sebesar 51 dan berada pada rentangan 47,6 <
X ≤ 58,8 dengan kategori baik. Data hasil tes belajar siswa didapatkan nialai ratarata hasil belajar sebesar 77,16 siswa dari 26 siswa dengan ketuntasan klasikal
90%. Selain itu, siswa merespon dengan baik produk yang dikembangkan dilihat
dari angket respon siswa yang sebagian besar siswa merespon dengan baik.
Kata Kunci: Pengembangan model pembelajaran kolaboratif, pembelajaran
bahasa Indonesia