Abstract :
Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Sembalun Bumbung dengan menerapka
pembelajaran matematika yang kontekstual agar siswa memahami konsep
matematika yang abstrak, karena pada kenyataannya dilapangan siswa kesulitan
memahami materi yang abstrak yang berdampak pada minat belajar matematika
siswa. Oleh karena iu diterapkannya etnomatematika budaya sasak (rumah adat
Sembalun) agar siswa dengan mudah memahami konsep matematika dan
pembelajaran lebih menyenangkan. Penelitian ini tujuan untuk meningkatkan
minat belajarmatematika siswa melaluiimplementasi etnomatematika budaya
sasak (rumah adat Sembalun) SDN 2 Sembalun Bumbung.Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV yang berjumlah 20 orang siswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,
dan setiap siklus berlangsung dalam tiga kali pertemuan. Tehnik pengumpulan
data menggunakan angket.Data yang diperoleh untuk angket minat siswa pada
siklus I yakni nilai rata-rata siswa sebesar 3,45 yang berkategori “Setuju†dan
pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 4,1berkategori “Sangat Setujuâ€.
Sedangakan untuk hasil belajar siswa pada siklus I yakni nilai rata-rata siswa
sebesar 71,75 dengan persentasi ketuntasan 70%, dan siklus II diperoleh nilai ratarata
sebesar 82,75 dengan persentase ketuntasan sebesar 90%. Hasil penelitian
menunjukkan implementasi etnomatematika budaya sasak (rumah adat Sembalun)
dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 2 Sembalun Bumbung.
Kata kunci: MinatBelajar, Etnomatematika, Rumah Adat Sembalun.