DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA BUDAYA SASAK (RUMAH ADAT SEMBALUN) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 02 SEMBALUN BUMBUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
PUSPITA DEWI, IRMA
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-07 03:23:40 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Sembalun Bumbung dengan menerapka pembelajaran matematika yang kontekstual agar siswa memahami konsep matematika yang abstrak, karena pada kenyataannya dilapangan siswa kesulitan memahami materi yang abstrak yang berdampak pada minat belajar matematika siswa. Oleh karena iu diterapkannya etnomatematika budaya sasak (rumah adat Sembalun) agar siswa dengan mudah memahami konsep matematika dan pembelajaran lebih menyenangkan. Penelitian ini tujuan untuk meningkatkan minat belajarmatematika siswa melaluiimplementasi etnomatematika budaya sasak (rumah adat Sembalun) SDN 2 Sembalun Bumbung.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang siswa.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus berlangsung dalam tiga kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket.Data yang diperoleh untuk angket minat siswa pada siklus I yakni nilai rata-rata siswa sebesar 3,45 yang berkategori “Setuju” dan pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 4,1berkategori “Sangat Setuju”. Sedangakan untuk hasil belajar siswa pada siklus I yakni nilai rata-rata siswa sebesar 71,75 dengan persentasi ketuntasan 70%, dan siklus II diperoleh nilai ratarata sebesar 82,75 dengan persentase ketuntasan sebesar 90%. Hasil penelitian menunjukkan implementasi etnomatematika budaya sasak (rumah adat Sembalun) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 2 Sembalun Bumbung. Kata kunci: MinatBelajar, Etnomatematika, Rumah Adat Sembalun. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi