DETAIL DOCUMENT
PENGARUH HIDROPONIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN IJOBALIT TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
B. ROHIMAH, B. ROHIMAH
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-06 06:38:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk melihat pengaruh hidroponik sebagai media pembelajaran sederhana terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Ijobalit tahun ajaran 2018/2019. (2) untuk melihat pengaruh hidroponik sebagai media pembelajaran sederhana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Ijobalit tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain post-test only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Ijobalit. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 dan SDN 04 Ijobalit. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, data hasil pada tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest eksperimen 7,89 dan nilai rata-rata posttes kontrol 69,14. Untuk data angket menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 77,10 sedangkan untuk kelas kontrol 69,77. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t. Hasil yang didapatkan pada tes adalah thitung -5,258 dan ttabel 1,6786 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan pada angket hasil yang didapatkan adalah thitung 3,27 dan ttabel 1,6786 maka Ha diterima dan Ho di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hidroponik sebagai media pembelajaran sederhana terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Ijobalit tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hidroponik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi