Abstract :
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk melihat pengaruh hidroponik sebagai
media pembelajaran sederhana terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN
Ijobalit tahun ajaran 2018/2019. (2) untuk melihat pengaruh hidroponik sebagai
media pembelajaran sederhana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN
Ijobalit tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain post-test
only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN
Ijobalit. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 dan SDN 04
Ijobalit. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket.
Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data, data hasil pada tes menunjukkan bahwa nilai
rata-rata posttest eksperimen 7,89 dan nilai rata-rata posttes kontrol 69,14. Untuk
data angket menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 77,10 sedangkan
untuk kelas kontrol 69,77. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t. Hasil yang
didapatkan pada tes adalah thitung -5,258 dan ttabel 1,6786 maka Ha diterima dan Ho
ditolak. Sedangkan pada angket hasil yang didapatkan adalah thitung 3,27 dan ttabel
1,6786 maka Ha diterima dan Ho di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh hidroponik sebagai media pembelajaran sederhana terhadap motivasi
dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Ijobalit tahun
ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hidroponik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar