Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa pada
materi geometri ruang kelas V di MI NW NO 05 Pancor. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata
tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Jumlah siswa
sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang
siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
peneliti itu sendiri, sebab setiap situasi merupakan keseluruhan yang berarti
bahwa tidak ada suatu instrumen yang berupa tes atau angket yang dapat
menangkap keseluruhan situasi kecuali manusia. Pada penelitian ini digunakan
teknik pengumpulan data berupa observasi participan, wawancara, dan dokumen.
Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif dengan membuat
gambaran yang dilakukan dengan cara mereduksi data atau penyederhanaan,
paparan atau sajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan memperoleh hasil bahwa kesulitan belajar siswa pada materi geometri
ruang dipengaruhi oleh motivasi, sikap, konsentrasi belajar, metode mengajar, dan
keluarga.
Kata kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Geometri Ruang