Abstract :
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Acuan
Lingkungan Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas III
SDN 7 Montong Baan Tahun Pelajaran 2019/2020. Desain penelitian yang akan
digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Instrument tes
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes perintah dan jawaban dari tes
perintah akan membuat sebuah karangan sederhana, dan untuk mengukur hasilnya
menggunakan tes penilaian keterampilan menulis karangan sederhana. Hasil
hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu (9,36>2,0294) yang berarti Ho
ditolak Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Teknik
Acuan Lingkungan Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Siswa
Kelas III SDN 7 Montong Baan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Teknik acuan lingkungan, Keterampilan menulis karangan
sederhana.