Abstract :
Penelitian yang berjudul “Identifikasi Kesulitan Guru Dalam
Menggunakan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri 1 Lendang
Nangka dan Sekolah Dasar Negeri 2 Lendang Nangka Tahun Pelajaran
2019/2020†ini mengangkat masalah kesulitan-kesulitan yang dialami guru
dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA di
Sekolah Dasar Negeri 1 Lendang Nangka dan Sekolah Dasar Negeri 2
Lendang Nangka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitankesulitan yang dialami guru dalam menggunakan media pembelajaran pada
mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri 1 Lendang Nangka dan Sekolah
Dasar Negeri 2 Lendang Nangka. Sampel dalam penelitian ini adalah guru
kelas IV, V dan VI di Sekolah Dasar Negeri 1 Lendang Nangka dan Sekolah
Dasar Negeri 2 Lendang Nangka. Data dikumpulkan dengan menggunakan
wawancara dan observasi, yang kemudian di analisis secara deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan, tidak ada
kesulitan yang berarti yang dialami para guru yang menjadi sampel
penelitian dalam penggunaan media pembelajaran. Hanya kesulitan kecil
yang dialami guru seperti pada penggunaan media yang bersifat multimedia,
memilih media yang sesuai dengan keadaansiswa, kesulitan dalam
menyesuaikan waktu dalam pembelajaran yang berbantuan media, dan
memodifikasi media pembelajaran, selebihnya guru-guru tersebut tidak
kesulitan. Sedangkan Tingkat kesulitan yang dialami guru kebanyakan pada
penyesuaian media pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa yang
memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda-beda.
Kata Kunci :Kesulitan Guru, Media Pembelajaran