Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Kenyalu tahun pelajaran
2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kenyalu
tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi dan metode
tes obyektif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode analisis statistik deskriptif. Dari hasil deskripsi data yang diperoleh
dan pembahasan hasil penelitian, kemampuan membaca pemahaman siswa belum
menunjukkan keberhasilan yang optimal. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan
bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Kenyalu
tahun pelajaran 2018/2019, termasuk dalam kategori rendah. Hal ini, disebabkan
karena perolehan skor rata-rata yakni 66.7 berada di bawah standar KKM mata
pelajaran Bahasa Indonesia yang telah ditentukan (70.00).
Kata Kunci: Kemampuan membaca pemahaman