DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KENYALU TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HANDAYANI, BAIQ KURNIA SATRIDA
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-06 07:10:06 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Kenyalu tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kenyalu tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi dan metode tes obyektif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif. Dari hasil deskripsi data yang diperoleh dan pembahasan hasil penelitian, kemampuan membaca pemahaman siswa belum menunjukkan keberhasilan yang optimal. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Kenyalu tahun pelajaran 2018/2019, termasuk dalam kategori rendah. Hal ini, disebabkan karena perolehan skor rata-rata yakni 66.7 berada di bawah standar KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah ditentukan (70.00). Kata Kunci: Kemampuan membaca pemahaman 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi