Abstract :
Penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan motivasi belajar, peneliti
menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada
siswa kelas IV SDN 4 Masbagik Selatan. Hasil penelitian tindakan kelas ini,
menunjukkan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I dengan
nilai ketuntasan belajar 65% menjadi 85% pada siklus II. Dan dapat juga dilihat
dari hasil angket yang diberikan oleh guru yang dijawab siswa, yaitu angket
motivasi belajar siswa, pada angket motivasi belajar siswa dari siklus 1 jumlah
skor yang diperoleh oleh siswa pada siklus I sebesar 95% yang dimana sebagian
besar siswa mendapat kategori “Baik†dan pada kategori “Cukup†siswa
memperoleh skor sebesar 5%, sedangkan pada siklus II jumlah skor yang
diperoleh oleh siswa sebesar 30% dan siswa termasuk dalam kategori “Sangat
Baikâ€, dan jumlah persentase siswa yang mendapat kategori “Baik†sebesar 70%.
Demikian juga dengan rata-rata skor dari observasi kegiatan belajar siswa pada
setiap siklus, untuk siklus I dari 3,45 menjadi 8,48 pada sikulus II. Hal ini
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And
Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 4 Masbagik Selatan dengan materi
pemerintahan desa telah berhasil meningkatkan motivasi belajar.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran, Contextual Teaching And
Learning (CTL)