DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SEKOLAH DASAR KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MASBAGIK SELATAN TAHUN PELAJARAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
MARDHOTILLAH, BAIQ
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-06 07:13:05 
Abstract :
Penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan motivasi belajar, peneliti menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 4 Masbagik Selatan. Hasil penelitian tindakan kelas ini, menunjukkan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I dengan nilai ketuntasan belajar 65% menjadi 85% pada siklus II. Dan dapat juga dilihat dari hasil angket yang diberikan oleh guru yang dijawab siswa, yaitu angket motivasi belajar siswa, pada angket motivasi belajar siswa dari siklus 1 jumlah skor yang diperoleh oleh siswa pada siklus I sebesar 95% yang dimana sebagian besar siswa mendapat kategori “Baik” dan pada kategori “Cukup” siswa memperoleh skor sebesar 5%, sedangkan pada siklus II jumlah skor yang diperoleh oleh siswa sebesar 30% dan siswa termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, dan jumlah persentase siswa yang mendapat kategori “Baik” sebesar 70%. Demikian juga dengan rata-rata skor dari observasi kegiatan belajar siswa pada setiap siklus, untuk siklus I dari 3,45 menjadi 8,48 pada sikulus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 4 Masbagik Selatan dengan materi pemerintahan desa telah berhasil meningkatkan motivasi belajar. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran, Contextual Teaching And Learning (CTL) 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi