Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh permainan Kuis
Ranking 1 terhadap motivasi belajar peserta didk kelas V di SDN 2 Kotaraja tahun
pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental
dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 2 Kotaraja yang
berjumlah 2 kelas masing-masing kelas berjumlah 28 peserta didik. Sampel
penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas
kontrol yang dipilih menggunakan teknik Sampling jenuh. Hasil penelitian
menunjukan bahwa rata-rata kelas VA dan VB adalah 68,30 dan 61,80, secara
statistik data tes hasil belajar tersebut terdistribusi normal dan homogen. Data
hasil belajar dianalisis menggunakan t-test Polled Varians, diperoleh
sebesar 2,89 dan sebesar 1,55 pada taraf signifikan 5%. Oleh karena
lebih besar maka Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
permainan Kuis Ranking I berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik
kelas V di SDN 2 Kotaraja tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Motivasi Belajar Peserta Didik, Permainan Kuis Rangking I.