Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembiasaan
membaca pra pembelajaran terhadap pembentukkan karakter siswa dengan
menggunakan penilaian portofolio di kelas IV di SD Negeri 01 Danger. Penelitian
ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembiasaan membaca pra pembelajaran dapat membentuk
karakter-karakter siswa. Selain dari karakter siswa dalam meningkatkan gemar
membaca karakter lainnyapun akan terbentuk yaitu seperti disiplin, mandiri, rasa
ingin tahu, bersahabat dan komunikatif. Dengan menggunakna penilaian
portofolio, siswa akan memahami hal-hal yang belum terpenuhi dalam dirinya dan
keunggunlan-keunggulan apa yang dimiliki, dari hasil penelitian penilaian
portofolio menjadi salah satu penilaian yang penting dilakukan oleh guru untuk
memperlihatkan trasnparansi dari sebuah proses penilaian dan memperlihatkan
perkembangan setiap peserta didik. Sehingga dari siswa, orang tua/ wali murid,
dan guru yang ada disekolah semuanya memahami kondisi peserta didik.dari
penerapan pembiasaan membaca pra pembelajaran dengan menggunakan
penilaian portofolio dalam mengukur karakter pada siswa sehingga menjadi salah
satu bahan dalam penyusunan penilaian portofolio. Hal tersebut akan membantu
semua pihak untuk bekerja sama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
Kata Kunci: Pembiasaan Membaca Pra Pembelajaran, Pembentukan Karakter,
Penilaian Portofolio.