Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan buku bahan ajar
berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran matematika kelas III SDN 5
Masbagik Selatan. 2) mengetahui kelayakan produk bahan ajar (buku
matematika) materi bangun datar sederhana. Metode penelitian yang digunakan
adalah merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research and
Development (R&D) dan pengembangan dengan mengadopsi model
pengembangan plomp yang menjadi 5 tahap yaitu(1) Tahap investigasi awal
berdasarkan pra peneliti yang dilakukan, yang sesuai untuk dikembangkan
sebagai media pembelajaran dalam materi bangun datar sederhana adalah bahan
ajar berbasis kearifan lokal (buku matematika). (2) Tahap desain pada tahap ini
peneliti mulai mendesain bahan ajar dengan membuat rancangan tentang bentuk
bahan ajar yang akan dikembangkan (3)Tahap realisasi konstruksi setelah itu
peneliti mulai membuat bahan ajar namun terlebih dahulu peneliti
mengumpulkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat buku bahan
ajar mulai dari menentukan isi materi, dan gambar-gambar hasil budaya yang
dipadukan atau disesuaikan dengan contoh materi bangun datar sederhana.
(4)Tahap evaluasi, dan revisi Pada tahap ini validasi dilakukan oleh dua ahli
yaitu validasi ahli tampilan dan validasi ahli materi. Hasil validasi tampilan
dengan rentang < X 8 nilai kategori (baik), dan hasil validasi materi
dengan rentang 58< X 71(baik ). (5) Tahap implementasi hasil uji coba produk
terhadap siswa kelas III SDN 5 Masbagik Selatan yang terdiri dari 27 orang
siswa, setelah divalidasi antara lain: respon siswa mengalami peningkatan
dengan persentase kategori penelitian 21 siswa yaitu 8 memberikan respon
sangat setuju, dan 6 siswa 22 siswa memberikan respon setuju. Sehingga
dengan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar
berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan layak
digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Educatif Berbasis
Kearifan Lokal Dan Pembelajaran Plomp