Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala sekolah
dalam meningkatkan kedisiplinan guru di M NW Surabaya. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara. Sampel dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang berjumlah 6 orang. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Model Miles and Huberman
yaitu Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi untuk
mengetahui manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di
MI NW Surabaya. Simpulan penelitian ini adalah kepala sekolah telah
melaksanakan tugasnya dan fungsinya sebagai kepala sekolah dalam bertanggung
jawab, menjadi contoh dan pemimpin yang baik bagi guru dalam meningkatkan
kedisplinan. Guru-Guru ini sudah memberikan kedisiplinan sebagai bentuk contoh
yang baik bagi sekolah, baik dalam berdisplin waktu maupun berdisiplin
administrasi. Oleh sebab itu, kepala sekolah dan guru diharapkan bisa menjadi
contoh yang baik bagi peserta didik dalam menaati peraturan sekolah.
Kata Kunci: Manajemen Kepala Sekolah, Kedisiplinan Guru