Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sugesti imajinasi
yang berbantuan lagu anak untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa
kelas V SDN 4 Sepit Tahun Pelajaran 2019/2020. Penerapan metode tersebut dengan
cara memberikan sugesti kepada siswa untuk mempermudah siswa dalam
mengembangkan pikirannya dan metode tersebut diperbantukan oleh media lagu anak
untuk mempermudah siswa dalam mengembangkan imajinasinya, jadi siswa lebih
mudah dalam menuangkan ide-idenya untuk ditulis menjadi sebuah cerpen. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain One Group PreetestPosttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Sepit yang berjumlah 20
orang. Penelitian ini meggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan tes.
Angket berisikan 8 (delapan) pertanyaan sedangkan tes berjumlah 1 (satu) pertanyaan
saja. Berdasaran data yang diperoleh oleh peneliti dalam penelitan, hasil postest
meningkat pesat dari hasil preetest. Hasil data preetest didapat nilai terendah yakni 35
dan nilai tertinggi 70, sedangkan pada data posttest nilai terendah 50 dan nilai
tertinggi 85. Kesimpulannya penerapan metode sugesti imajinasi berbantuan lagu
anak memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen siswa.
Kata kunci: sugesti imajinasi, keterampilan menulis