Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas III
MI NW 2 Kelayudalam menyelesaikan soal matematika. Metode penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode
observasi, angket, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa
kelas III MI NW 2 Kelayu dari 23 siswa diambil 5 siswa untuk mewakili
kesalahan siswa yang lain.
Hasil penelitian pada analisis observasi aktivitas siswa adalah 62,5 dan
dikategorikan nilainya sangat rendah. Observasi pada aktivitas guru adalah
84,6 dikategorikan nilainya tinggi. Pada hasil analisis angket respon siswa
adalah 1,1dikategorikanrendah. Hasil analisis wawancara soal tes siswa siswa
dalam menyelesaikan soal matematika adalah: (a) kesalahan konsepdilakukan
7 orang siswadari 11 siswa yang melakukan. (b) kesalahan teknis/prosedur
dilakukan 12 orang siswadari 11 siswa yang melakukan. (c) kesalahan
dilakukan 4 orang siswa dari 11 siswa yang melakukan. Kesalahan yang
terbanyak dilakukan siswa adalah kesalahan prosedur/tekhnis. Kesalahan
tersebut karena banyak siswa yang tidak mengetahui langkah-langak dalam
menyelesaikan soal matematika tersebut. Dilihat dari kesalahan tersebut maka
peneliti dapat menyimpulkan bahwa kesalahan siswa dilihat dari faktot-faktor
penyebab kesalahan siswa yaitu tidak mengetahui cara menyelesaikan soal,
penjumlahan atau hitungan, tidak memiliki kemampuan menuliskan hal yang
diketahui danasal-asalan mengerjakan soal, tidak menyukai pelajaran
matematika, tidak paham dengan rumus yang seharusnya digunakan, terburuburu dalam mengerjakan proses penyelesaian.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan Matematika