Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan LKS tematik
berbasis word square dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran pada
tema 2 (Selalu Berhemat Energi) kelas IV SDN 01 Danger. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan
model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV
SDN 01 Danger. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan lembar tes hasil belajar. Prosedur
pengembangan dalam penelitian ini melalui beberapa langkah yaitu analisis
kebutuhan, pembuatan produk, validasi produk, revisi produk, uji coba lapangan,
dan revisi akhir produk. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli
tampilan, produk dinyatakan layak. Berdasarkan uji coba lapangan menunjukkan
bahwa tanggapan siswa sebesar 95,4% dan hasil belajar siswa sebesar 97% siswa
tuntas di atas KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS
tematik berbasis word square yang dikembangkan layak dan dapat membantu
siswa dalam proses pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.
Kata kunci: pengembangan LKS, word square, pembelajaran tematik