Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan
model Problem Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV MI NW
Model Aik Anyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini metode yang
digunakan adalah metode eksperimen karena gejala yang diteliti ditimbulkan dengan
sengaja. Desain penelitian yang digunakan adalah desain One Group Pretest Posttest
Design yakni rancangan ini sebelum subjek dikenai perlakuan terlebih dahulu, kita
sebagai peneliti melakukan observasi yang berupa (O1) kemudian dilakukan
perlakuan (X) setelah itu diadakan observasi untuk menganalisis hasil posttest (O2).
Dari data yang terkumpul dengan menggunakan angket diperoleh rata-rata (Mean)
adalah 48,42, skor tertinggi untuk angket 60 dan skor terendah 37, kemudian untuk
skor tertinggi pretest 39 skor terendah 16, sedangkan untuk posttest skor tertinggi 65
skor terendah 25, dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata (mean) untuk pretest
26,26 sedangkan posttest 41,57. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan t hitung > t
tabel (22,529 > 2,110) maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran Problem Based
Learning terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV MI NW Model Aik Anyar Tahun
Pelajaran 2019/2020 .
Kata kunci: Problem Based Learning, aktivitas belajar si