Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
miniatur berbasis kearifan lokal materi pokok geometri kelas V SDN 5 apitaik.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D)
atau penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan
Borg and Gall yang telah disederhanakan. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh
hasil validasi materi dengan nilai X> 42 kategori (“baikâ€), dan hasil validasi
media dengan nilaiX≤ 47 kategori (“baikâ€). Adapun hasil uji coba produk
terhadap siswa kelas V SDN 5 apitaik yang terdiri dari 17 orang siswa, setelah
divalidasi antara lain: respon siswa pada uji coba lapangan pada 16 orang siswa
dengan persentase 56,25% (kategori “tinggiâ€). Sedangkan hasil aktivitas belajar
siswa pada uji coba lapangan pada 17 orang siswa dalam kategori “tinggi†yaitu
75%. Sehingga dengan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan
media pembelajaran miniatur berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan respon
dan aktivitas belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran sesuai
dengan hasil validasi dari ahli materi, ahli bahasa, dan hasil uji coba lapangan.
Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran miniatur, kearifan lokal, dan
geometri