Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Sakra Tahun Pembelajaran
2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode
pembelajaran Tari Bambu Terhadap Keterampilan Berbicara siswa pada mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 03 Sakra. Metode Pembelajaran Tari
Bambu merupakan metode pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan
keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan penelitian quasi
experimental design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V SDN 03 Sakra yang berjumlah 41 siswa dimana kelas Va 21 dan
kelas Vb 20, sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh karena
pengambilan sampel diambil dari semua populasi. Teknik pengumpulan data
untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan
lembar observasi dan tes berbicara. Adapun hasil dari observasi pada kelas
eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu (81,4% > 74,7%) Uji prasyarat
analisis menggunkan uji normalitas dan homogenitas. Untuk uji normalitas
menggunkan chi-kuadrat dan untuk uji homogenitas menggunakan uji-F. Adapun
uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t yaitu polled varians dengan taraf
signifikan 5% . Berdasarkan hasil perhitungan untuk uji hipotesis diperoleh thitung
> ttabel (2,436 > 2,032), sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ha di terima dan
Ho ditolak. Jadi keterampilan berbicara siswa yang diajarkan menggunakan
metode Tari Bambu lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan
konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran
tari bambu terhadap keterampilan berbiara siswa mata pelajaran bahasa Indonesia
kelas V SDN 03 Sakra Tahun pembelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Metode pembelajaran Tari Bambu dan Keterampilan Berbicara.