Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi penggunaan model
role playing dengan sosiodrama terhadap perilaku sosial siswa Sekolah Dasar
kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Desa Kalijaga Selatan. Jenis
penelitian inimenggunakan metode eksperimen dan desain penelitian yang
digunakan adalah posttest only control design. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN 3 dan SDN 4 Kalijaga Selatan. Kelas V SDN 3 Kalijaga
Selatan sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah siswa 22 orang, sedangkan
kelas V SDN 4 Kalijaga Selatansebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa
22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket perilaku sosial siswa.
Data dianalisismenggunakan uji-t. Hasil hipotesis menunjukkan
bahwa < yaitu (1,75 < 2,021) yang berarti Hoditerima dan Ha ditolak,
sehingga dapatdisimpulkan bahwa tidak ada komparasi penggunaan model
pembelajaranrole playing dengan sosiodrama terhadap perilaku sosial siswa
Sekolah Dasar kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Desa Kalijaga
Selatan tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: ModelRole Playing, Model Sosiodrama, Perilaku Sosial