DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN IMITASI DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN 3 RUMBUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
MARYANI, DWI AYU
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-07 07:10:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi berbantuan media interaktif terhadap keterampilan imitasi siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN 3 Rumbuk tahun pelajaran 2018/2019 dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi berbantuan media interaktif terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN 3 Rumbuk tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III SDN 3 Rumbuk tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian yang ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Kelas III A sebagai kelompok eksperimen dan kelas III B sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur minat belajar siswa dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan imitasi. Hasil hipotesis keterampilan imitasi siswa dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung>ttabel yakni 15,54> 2,021, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi berbantuan media interaktif terhadap keterampilan imitasi siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN 3 Rumbuk tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan hasil hipotesis untuk minat belajar siswa dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung>ttabel yakni 6,62> 2,021, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi berbantuan media interaktif terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN 3 Rumbuk tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi