Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
demonstrasi berbantuan media interaktif terhadap keterampilan imitasi siswa pada
pembelajaran IPA kelas III SDN 3 Rumbuk tahun pelajaran 2018/2019 dan
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi
berbantuan media interaktif terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA
kelas III SDN 3 Rumbuk tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh
kelas III SDN 3 Rumbuk tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian yang
ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Kelas III A sebagai kelompok
eksperimen dan kelas III B sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah posttest only control design. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah angket untuk mengukur minat belajar siswa dan lembar
observasi untuk mengukur keterampilan imitasi. Hasil hipotesis keterampilan
imitasi siswa dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung>ttabel yakni
15,54> 2,021, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode
demonstrasi berbantuan media interaktif terhadap keterampilan imitasi siswa pada
pembelajaran IPA kelas III SDN 3 Rumbuk tahun pelajaran 2018/2019.
Sedangkan hasil hipotesis untuk minat belajar siswa dengan menggunakan uji-t
menunjukkan bahwa thitung>ttabel yakni 6,62> 2,021, sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi berbantuan media interaktif
terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN 3 Rumbuk
tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi,