DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MUSIK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 3 LOYOK TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
WARDINI, EKA MULIA
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-07 07:18:10 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VI SDN 3 Loyok tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eskperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 3 Loyok tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 28 orang, adapun sampelnya adalah seluruh populasi tersebut. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kosentrasi belajar adalah angket konsentrasi belajar, sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diuraikan bahwa pada uji hipotesis konsentrasi belajar didapatkan thitung 2,41 dan ttabel 1,70 yang artinya thitung > ttabel, sedangkan hasil analisis dari hasil belajar siswa yakni thitung sebesar 2,40 dengan ttabel 1,70. Maka dapat disimpulkan jika thitung > ttabel yang artinya adanya pengaruh musik terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa pada pemebelajaran matematika kelas IV SDN 3 Loyok tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci: Musik, Konsentrasi belajar, Hasil belajar 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi