Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik terhadap konsentrasi
belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VI SDN 3
Loyok tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan metode eskperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pre-experimental design bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam
penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 3 Loyok tahun ajaran 2019/2020
dengan jumlah 28 orang, adapun sampelnya adalah seluruh populasi tersebut.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur kosentrasi belajar adalah angket
konsentrasi belajar, sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan
tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diuraikan bahwa pada uji
hipotesis konsentrasi belajar didapatkan thitung 2,41 dan ttabel 1,70 yang artinya
thitung > ttabel, sedangkan hasil analisis dari hasil belajar siswa yakni thitung sebesar
2,40 dengan ttabel 1,70. Maka dapat disimpulkan jika thitung > ttabel yang artinya
adanya pengaruh musik terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa pada
pemebelajaran matematika kelas IV SDN 3 Loyok tahun ajaran 2019/2020.
Kata kunci: Musik, Konsentrasi belajar, Hasil belajar