Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas pendekatan Contekstual
teaching and learning (CTL) dalam penguasaan konsep pelajaran Ekonomi.
Adapun rumusan masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini. Apakah
Contekstual teaching and learning (CTL) efektif dalam pengajaran Ekonomi untuk
siswa kelas X di SMA NW Pancor pada tahun ajaran 2017/2018? Penguasaan
konsep pada mata pelajaran Ekonomi siswa d i kelas X SMA NW Pancor masih
rendah. Hal ini dapat dilihat dari masih banyak siswa yang belum mencapai KKM
(kriteria ketuntasan minimal), yaitu 77. Rata-rata nilai ulangan harian siswa kelas
X IIS Tahun 2017 adalah 65,30 dan standar deviasinya 10,80.
Desain dari penelitian ini menggunakan penelitian Pre-Experimental.
Populasi dari penelitian ini semua kelas X SMA NW Pancor pada tahun ajaran
2017/2018. Tehnik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel
biasa dan kelas X
A
diambil sebagai sample yang terdiri dari 25 siswa. Untuk
mengumpulkan data, tes awal diberikan kepada siswa sebelum perlakuan dan tes
ahir diberikan setelah perlakuan. Instrumen dari penelitian ini adalah pilihan
ganda. Dalam menganalisa data menggunakan SPSS, berdasarkan hasil dari
analisis data, rata-rata skor dari tes awal adalah 14.60 dan rata-rata skor dari tes
ahir adalah 16.34. Artinya bahwa rata-rata skor dari tes ahir lebih tinggi dari pada
tes awal. Dalam menguji hipotesa, peneliti telah menemukan bahwa t ( df = 25 ) =
-5.566, p=<0.001. ini menunjukkan bahwa nilai dari tingkat signifikan (nilai p)
adalah jauh dibawah 0.05. Artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata
skor dari tes awal dan tes ahir. Ini menunjukkan bahwa, teaching and learning
(CTL)signifikan efektif dalam pengajaran Ekonomi untuk siswa kelas X di SMA
NW Pancor pada tahun ajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Contekstual teaching and learning dan penguasaan konsep