Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik pada siswa
kelas III SDN 6 Pringgasela. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini
adalah penelitian pengembangan (reseach and development) dengan mengadopsi
model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan ini terdiri dari 9
tahap yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perancangan, 3)
pengembangan bentuk awal produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk,
6) uji lapangan utama, 7) revisi produk oprasional, 8) uji lapangan oprasional dan
9) revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh hasil analisis
dan validasi media dengan nilai 57 dengan kategori “Baikâ€, validasi materi
didapatkan nilai 33 dengan kategori “Baikâ€. Sedangkan dari tes hasil belajar siswa
pada uji coba oprasional dengan persentase ketuntasan siswa sebesar dengan nilai
rata-rata 75, dapat disimpulkan hasil belajar siswa dikatakan “tuntas†dan hasil
rata-rata persentase siswa yang merespon positif dalam menanggapi media komik
Sebesar 86,95% dan berada dalam kategori “Sangat Baikâ€. Sehingga
pengembangan media komik sangat efektif dan layak untuk digunakan pada
pelajaran matematika.
Kata kunci: Pengembangan, Borg and Gall, media komik.