Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
role playing berbantuan media video pembelajaran terhadap rasa percaya diri
siswa pada mata pelajaran PKN Kelas IV MI NW 02 Pancor tahun pelajaran
2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu
One Group Pretest-Posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV
yang berjumlah 23 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
teknik sampling jenuh, yang dimana sampelnya itu semua siswa kelas IV yang
berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa
angket percaya diri siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas
menggunakan chi kuadrat dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas pre-test berdistribusi normal (χ2hitung =
8,26 dan χ2tabel = 11,7) , kelompok post-test berdistribusi normal (χ2hitung = 10,03
dan χ2tabel = 11,7 ). (2)Uji hipotesis diperoleh hasil t-hitung7,78 dan t-tabel 2,01.
Artinya t-hitung > t-tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut juga
ditunjukkan dari perbedaan nilai rata-rata hasil pre-test dan post-test yaitu
kelompok pre-test sebesar 59,72 dan kelompok post-test sebesar 84,28. Dengan
demikan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berbantuan
media video mempunyai pengaruh terhadap karakter rasa percaya diri siswa kelas
IV MI NW 2 Pancor tahun pelajaran 2019/2020.
KataKunci: Pengaruh Model Role Playing, Media Video, Karakter Percaya Diri.