DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYIN BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KARAKTER RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV MI NW 02 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HIZBI, EMI MARSOENY
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-07 07:46:17 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan media video pembelajaran terhadap rasa percaya diri siswa pada mata pelajaran PKN Kelas IV MI NW 02 Pancor tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest-Posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yang dimana sampelnya itu semua siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket percaya diri siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas menggunakan chi kuadrat dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas pre-test berdistribusi normal (χ2hitung = 8,26 dan χ2tabel = 11,7) , kelompok post-test berdistribusi normal (χ2hitung = 10,03 dan χ2tabel = 11,7 ). (2)Uji hipotesis diperoleh hasil t-hitung7,78 dan t-tabel 2,01. Artinya t-hitung > t-tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut juga ditunjukkan dari perbedaan nilai rata-rata hasil pre-test dan post-test yaitu kelompok pre-test sebesar 59,72 dan kelompok post-test sebesar 84,28. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berbantuan media video mempunyai pengaruh terhadap karakter rasa percaya diri siswa kelas IV MI NW 2 Pancor tahun pelajaran 2019/2020. KataKunci: Pengaruh Model Role Playing, Media Video, Karakter Percaya Diri. 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi