Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media
pembelajaran papan kata (Scrubble) terhadap keterampilan membaca peserta didik
kelas III SDN 6 Jerowaru Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan
desain pre-exsperimen design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design.
Pada desain ini menggunakan desain pretest sebelum menggunakan media papan
kata (scrubble) dan posttest setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan
media papan kata (scrubble). Sabyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas III yang berjumlah 27 peserta didik yang terdiri dari 19 laki-laki dan 8
perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pernyataan. Data analisis
untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Kemudian dari pengujian hipotesis dengan
uji-t didapat hasil perhitungan t-hitung ˃ t-tabel (9,48 ˃ 1,67). Sehingga HO
ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh dari penggunaan media papan
kata (scrubble) terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas III SDN 6
Jerowaru tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Media papan kata (scrubble), keterampilan membaca