Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam hasil
belajar melalui komparasi model yang berbeda. Jenis penelitian ini merupakan
eksperimen, komparasi atau perbandingan 2 model pembelajaran yaitu Model
Tutor Sebaya dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas Va sebagai kelas eksperimen jumlah
siswa 24 dan Vb sebagai kelas kontrol jumlah siswa 22 jadi keseluruhan siswa
kelas V 46. Desain yang digunakan dalam penetitian ini adalah One-Group
Posttest Design, hasil uji Normalitas pada kelas eksperimen 3,97 dan kelas
kontrol 1,47, hasil uji Homogenitas 2,642, uji Hipotesis 0,860. Hasil validitas
menunjukan bahwa siswa yang menggunakan tutor sebaya kelas eksperimen
terdapat nilai paling terendah yaitu 70 dan nilai tertinggi 80 sedangkan untuk
Numbered Head Together kelas kontrol terdapat nilai tertinggi yaitu 90 dan
nilai terendah 70. ttabel 2,02 > thitung 1,26 Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, ini berarti terdapat
komparasi antara model tutor sebaya dengan model pembelajaran numbered
head together (NHT) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V.
Kata Kunci : Komparasi, Model tutor sebaya, model pembelajaran numbered
head together (NHT) terhadap hasil belajar.