Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanan kurikulum
2013 di Sekolah Dasar negeri di wilayah Kecamatan Selong. Penelitian ini
termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian
ini adalah seluruh SD negeri di wilayah Kecamatan Selong. Sampel penelitian ini
berjumlah 11 sekolah di Kecamatan Selong yang terdiri dari 11 Kepala Sekolah,
11 guru kelas II dan 11 guru Kelas IV, serta 261 siswa kelas II sebagi perwakilan
kelas rendah dan 279 siswa kelas IV sebagai perwakilan kelas tinggi. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara,
kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa
yang termuat dalam kurikulum 2013 belum terlaksana dengan baik, itu di
buktikan dari hasil perhitungan kuesioner data kepala sekolah persentasenya
“50%â€, data guru persentase “43%â€, dan data siswa persentase “50%â€, hasil
ketiga data tersebut adalah dikategorikan “Sedangâ€. Jadi hasilnya menyatakan
bahwah pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah dasar Se-Kecamatan Selong
kurang maksimal.
Kata kunci: pelaksanaan kurikulum 2013