Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teori belajar
bruner terintegrasi permainan tradisonal terhadap hasil belajar siswa kelas II
SDN 1 Suela tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan
adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh. Subjek
penelitian ini adalah 22 siswa kelas II SDN 1 Suela. Instrument penelitian
yang diberikan berupa tes essay. Uji prasyarat yang digunakan adalah chi
kuadrat untuk menguji normalitas data. Berdasarkan hasil penelitian terlihat
nilai rata-rata pretest 61,4, sedangkan nilai rata-rata posttest 80,1. Dari hasil
perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji t didapatkan hasil yaitu
thitung> ttabel yakni 12,21> 2,02 dengan derajat kebebasan (db) = 42, dengan
taraf signifikan 0,05. Dengan demikian Ha diterima sedangkan Ho ditolak.
Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas teori belajar bruner terintegrasi
permainan tradisional efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika kelas II.
Kata kunci: Teori Belajar Bruner, Permainan Tradional, Hasil Belajar
Matematika