Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan
ajar ensiklopedia berbasis mind mapping yang dapat membantu dan
mempermudah proses pembelajaran. Model Penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu model penelitian dan pengembangan (Reasearch
and Development) dengan mengadopsi model pengembangan 4 D yaitu: 1)
Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), 3) Develoment
(Pengembangan), 4) Dissemination (Penyebarluasan). Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar validasi tim
ahli yang berbentuk angket berupa ratting scale skala lima. Berdasarkan
hasil validasi diperoleh, hasil validasi ahli desain dengan nilai 40.8 < X ≤
50.4 kategori “Baikâ€, dan hasil validasi ahli materi dengan nilai 40.8 < X ≤
50.4 kategori “Baikâ€. Adapun hasil uji coba produk terhadap respon peseta
didik kelas IV SDN 10 Pohgading menggunakan angket respon pada uji
coba skala kecil yang terdiri dari 9 pernyataan dengan 7 orang responden
dengan nilai 96.8 % kategori “Sangat Baik†dan hasil pada uji coba skala
besar yang terdiri dari 9 pernyataan dengan 10 orang responden dengan
nilai 100 % kategori “Sangat Baikâ€. Adapun hasil penyebarluasan yang
dilakukan di SDN 7 Pohgading yang tujuannya untuk membangkitkan
semangat belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penyebarluasan produk
terhadap respon peseta didik kelas IV SDN 7 Pohgading yang terdiri dari 9
pernyataan dengan 20 orang responden dengan nilai 98 % kategori “Sangat
Baikâ€. Berdasarkan uraian yang dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa
bahan ajar ensiklopedia berbasis mind mapping yang dikembangkan dapat
digunakan dalam proses pembelajaran. Skripsi, Program Studi Ilmu
Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Ensiklopedia, Mind Mapping.