Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran
berupa poster berbasis komik yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran
matematika untuk siswa kelas II sekolah dasar, dengan jumlah 23 orang siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development
(R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan tujuh
tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan
produk, uji validasi, revisi produk, uji coba lapangan dan merevisi hasil uji coba.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk poster berbasis komik
matematika, layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli
mediadiketahui bahwa produk poster berbasis komik dikategorikan “baik†dengan
perolehan skor 39 dan skor rata-rata 3,9 sedangkan ahli materi mendapat kategori
“baik†dengan perolehan skor 35 dan skor rata-rata 3,5. Berdasarkan hasil respon
siswa terhadap poster berbasis komik matematika sangat tinggi yaitu dengan ratarata persentase komponen 86,9% yang merespon sangat baik. Kemudian
berdasarkan data hasil belajar, secara klasikal nilai rata-rata yang diperoleh siswa
adalah 86,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,9%. Sehingga kesimpulannya
menunjukkan bahwa media poster berbasis komik matematika layak untuk
diterapkan.
Kata Kunci: Pengembangan, poster, komik dan Matematika