Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model
pembelajaran learning cycle dalam meningkatkan hasil belajar peserta
didik, perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model
pembelajaran learning cycle dan peserta didik yang diajar menggunakan
model pembelajaran konvensional, dan perbedaan kemampuan berpikir
kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran learning
cycle dan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran
konvensional, Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan
desain control group pre-tes-post-test design dan control group posttest only
design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang mendapat
pelajaran ekonomi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster
random sampling sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas
eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran learning cycle
efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yakni terjadi
peningkatan sebesar 91,84%, dibuktikan t hitung hasil analisis sebesar -
19.906 dengan signifikansi < 0,05, hasil belajar peserta didik yang diajar
menggunakan model pembelajaran learning cycle lebih tinggi daripada
peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional, dibuktikan
dengan t hitung hasil analisis -6,656 dengan signifikansi < 0,05, dan
kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model
pembelajaran learning cycle lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar
menggunakan model pembelajaran konvensional, dibuktikan terhitung hasil
analisis sebesar -4,632 dengan signifikansi < 0,05.
Kata Kunci : Model pembelajaran learning cycle, kemampuan berpikir
kritis, hasil belajar.