Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : untuk mengetahui
penggunaan Media “Blok Pecahan†dalam meningkatkan hasil belajar
matematika siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Sakra Tahun Pelajaran
2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri
dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refelksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V semester 1 SDN 5 Sakra
tahun pembelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah selurus siswa
kelas V SDN 5 Sakra dengan jumlah 34 orang siswa. Instrumen penelitian
menggunakan (1) tes prestasi belajar dengan jumlah soal 15 butir denga
rincian 10 butir pilihan ganda dan 5 butir isian, (2) lembar observasi untuk
mengukur keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan observasi aktivitas
siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian adalah Terdapat peningkatan hasil
belajar dan aktivitas siswa melalui penggunaan media blok pecahan pada
pmbelajaran matematika kelas V SDN 5 Sakra Tahun pelajaran 2019/2020.
Hal ini terbukti dari hasil belajar yang dicapai siswa yaitu pada siklus I
dengan penggunaan media blok pecahan meningkatnya ketuntasan belajar
siswa dari siklus pertama yaitu 55,8 % secara klasikal menjadi 91,17 % pada
siklus kedua. Dan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus
pertama memperoleh total skor 772 dengan rata rata 22,71 berada pada
kategori cukup aktif pada rentang skor 17,5 < A ≤ 23,5 sedangkan pada siklus
II total skor yang di dapatkan 877 dengan rata rata 25,79 berada pada kategori
aktif pada rentang skor 23,5 < A ≤ 28,5. Dari hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan media blok pecahan
dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 5 Sakra
tahun pelajaran 2019/2020/.
Kata Kunci : Media pemelajaran “Blok Pecahanâ€, meningkatka hasil belajar
siswa