Abstract :
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dampak teknologi Handphone
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas V
SDN 4 Danger tahun pelajaran 2018/20198. Jenis penelitian ini adalah kualitatif
dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SDN 4 Danger tahun pelajaran 2018/2019 sebanya 44
siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan random sampling sebanyak 15 siswa.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah pradigma sederhana dengan satu
variabel indevenden dan satu variabel devenden. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket dan dokumentasi nilai raport siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahawa terdapat dampak positif dan dampak negatif terhadap hasil
belajar siswa. Dampak positifnya yaitu dapat digunakan sebagai media informasi,
komunikasi, dan media pembelajaran. Sedangkan dampak negatifnya yaitu dapat
mempengaruhi prilaku peserta didik, membuat peserta didik malas untuk belajar,
mengganggu perkembangan anak dan juga pemborosan.
Kata Kunci: Teknologi Handphone, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam