Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi teori
Van Hiele terintegrasi teori Bruner terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
IV SDN 2 Rensing Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan
adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh. Subjek
penelitian ini adalah 22 siswa. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes
essay. Uji prasyarat yang digunakan adalah Chi Kuadrat untuk menguji
normalitas data, sedangkan uji F untuk menguji linieritas data. Berdasarkan hasil
uji normalitas dan linieritas diperoleh bahwa populasi berditribusi normal dan
linier. Berdasarkan hasil penelitian terlihat nilai rata-rata pretest 61,4, sedangkan
nilai rata-rata posttest 80,1. Dari hasil perhitungan uji hipotesis yang
menggunakan uji t didapatkan hasil yaitu thitung >ttabel yakni 12,21 > 2,02
dengan derajat kebebasan (db) = 42, dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan
demikian Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa
implementasi teori Van Hiele terintegrasi teori Bruner berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV.
Kata kunci: Teori Van Hiele, Teori Bruner, Hasil Belajar Matematika