DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SARANA SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SDN 03 PAOKMOTONG 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SALEH, HAERUMAN
Subject
Kebijakan Pendidikan 
Datestamp
2021-01-09 06:44:30 
Abstract :
Perpustakaan di sekolah dasar masih belum berfungsi dan berperan sebagai sumber belajar yang optimal yang menyebapkan peprpustakaan tidak terawat dan tidak tertata rapi sering membuat siswa menjadi males untuk mengunjungi engelolaan perpustakaan yang ada di SD Negeri 03 Paokmotong dalam rangperpustakaan Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui perencanaan pka meningkatkan minat baca siswa yang ada di SD Negeri 03 Paokmotong dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami dalam proses pengelolaan untuk meningkatkan minat baca siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sabjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan, staf perpustakaan, guru kelas IV dan guru mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan obsevasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa masih belum berjalan dengan baik dan kebutuhan- kebutuhan yang ada di perpustakaan masih belum mencukupi. Pelaksanaan perencanaan pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan diadakanya literasi setiap hari rabu untuk mengasah kemampuan anak dalam membaca. Adapun kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu kurangnya fasilitas dan sarana prasarana yang tersedia seperti buku fiksi ataupun non fiksi. Kata kunci: pengelolaan perpustakaan dan minat baca. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi