Abstract :
Perpustakaan di sekolah dasar masih belum berfungsi dan berperan
sebagai sumber belajar yang optimal yang menyebapkan peprpustakaan tidak
terawat dan tidak tertata rapi sering membuat siswa menjadi males untuk
mengunjungi engelolaan perpustakaan yang ada di SD Negeri 03 Paokmotong
dalam rangperpustakaan Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk
mengetahui perencanaan pka meningkatkan minat baca siswa yang ada di SD
Negeri 03 Paokmotong dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami
dalam proses pengelolaan untuk meningkatkan minat baca siswa. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan metode penelitian
deskriptif kualitatif. Sabjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala
perpustakaan, staf perpustakaan, guru kelas IV dan guru mata pelajaran PAI.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan obsevasi,
wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan
pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa masih belum
berjalan dengan baik dan kebutuhan- kebutuhan yang ada di perpustakaan masih
belum mencukupi. Pelaksanaan perencanaan pengelolaan perpustakaan untuk
meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan diadakanya literasi setiap hari rabu
untuk mengasah kemampuan anak dalam membaca. Adapun kendala yang
dihadapi dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu kurangnya fasilitas dan
sarana prasarana yang tersedia seperti buku fiksi ataupun non fiksi.
Kata kunci: pengelolaan perpustakaan dan minat baca.