Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan produk yang berupa tabel pakar
pokok bahasan akar pangkat dua kelas IV SD/MI tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model
pengembangan Borg & Gall yang terdiri 10 tahapan disederhanakan menjadi 7
tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, produk
awal, uji coba awal, revisi produk awal, uji coba lapangan, revisi akhir. Jenis data
dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
produk tabel pakar layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil
validasi ahli diketahui bahwa tabel pakar dikategorikan “baik†dengan kriteria
sebagai berikut dari segi ahli materi menghasilkan jumlah nilai keseluruhan 81
dengan rata-rata 4,05 terletak pada interval (3,40 < X ≤ 4,20). Dan dari segi ahli
media juga dalam kategori “baik†menghasilkan jumlah nilai keseluruhan 68
dengan rata-rata 3,4 terletak pada interval (3,40 < X ≤ 4,20). Berdasarkan hasil uji
coba lapangan diperoleh data dengan tingkat presentase ketuntasan mencapai
95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media tabel pakar memenuhi kriteria
valid, praktis dan efektif yang telah dikembangkan sesuai dengan prosedur
pengembangan.
Kata Kunci: Pengembangan Borg & Gall, media tabel pakar, akar pangkat dua