DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KONTEMPORER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SDN BILEPENANGGA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ABDI, HAMDANI
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-09 07:01:00 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan psikomotorikkategorimanipulasisiswapada mata pelajaran Bahasaindonesia SDNBilepenanggak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) atau penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh hasil validasi materi dengan total nilai 34 dengan interval nilai X> 34, 20>30,50kategori (“baik”), dan hasil validasi media dengan total nilai 27, X> 25,2 kategori (“baik”). Adapun hasil uji coba produk terhadap siswa kelas IV di SDN Bilepenanggak yang terdiri dari 21 orang siswa, setelah divalidasi antara lain: respon siswa pada uji coba lapangan pada 21 orang siswa dengan persentase 33,83%,, kategori (“tinggi”). Sehingga dengan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan media wayang kontemporer tiga dimensi untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa dalammengembangkan mental dan minat peserta didik untuk belajar dalam manipulasi pembuatan media wayang berbentuk tiga dimensi dengn inovasi film kartun kontemporer omar dan hana, dapat meningkatkan mental, minat belajar, mengembangkan kemampuan berbicara siswa, keaktifan belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan hasil uji coba lapangan. Kata Kunci: Pengembangan media wayang kontemporer tiga dimensi dalammeningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa. 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi