Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
psikomotorikkategorimanipulasisiswapada mata pelajaran Bahasaindonesia
SDNBilepenanggak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R & D) atau penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi
model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan. Berdasarkan
hasil validasi, diperoleh hasil validasi materi dengan total nilai 34 dengan interval
nilai X> 34, 20>30,50kategori (“baikâ€), dan hasil validasi media dengan total
nilai 27, X> 25,2 kategori (“baikâ€). Adapun hasil uji coba produk terhadap
siswa kelas IV di SDN Bilepenanggak yang terdiri dari 21 orang siswa, setelah
divalidasi antara lain: respon siswa pada uji coba lapangan pada 21 orang siswa
dengan persentase 33,83%,, kategori (“tinggiâ€). Sehingga dengan hasil penelitian
ini disimpulkan bahwa pengembangan media wayang kontemporer tiga dimensi
untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa
dalammengembangkan mental dan minat peserta didik untuk belajar dalam
manipulasi pembuatan media wayang berbentuk tiga dimensi dengn inovasi film
kartun kontemporer omar dan hana, dapat meningkatkan mental, minat belajar,
mengembangkan kemampuan berbicara siswa, keaktifan belajar siswa dan layak
digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan hasil validasi dari ahli materi, ahli
media, dan hasil uji coba lapangan.
Kata Kunci: Pengembangan media wayang kontemporer tiga dimensi
dalammeningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa.