DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MA DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA TAHUN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
MARTASARI, DIAN
Subject
Pembelajaran Ekonomi 
Datestamp
2021-01-09 07:20:44 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pengaruh strategi kognitif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 di MA DARUSSHOLIHIN NW Kalijaga tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen dengan sampel penelitian 31 peserta didik yang di jadikan sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan dalam bentuk tes, yaitu pre tes dan post tes. Metode analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah rumus uji t dengan signifikan 5% dengan jumlah populasi 79 peserta didik dan sampel berjumlah 31 peserta didik. Hasil analisis data menggunakan Strategi Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di MA DARUSSHOLIHIN NW Kalijaga Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil belajar peserta didik melalui pemberian soal tes pada kelas eksperimen nilai rata-ratanya 77,5 dengan nilai t hitung = 58,9 dan t tabel= 3,54. Ini menunjukkan bahwa (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Membandingkan hal tersebut tabel r product moment, pada tabel r product moment N = 31 taraf kepercayaan 5% diperoleh r tabel sebesar 0,35 yang berarti pengaruhnya kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Kognitif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA DARUSSHOLIHIN NW Kalijaga Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Strategi Kognitif, Hasil Belajar. 

File :
skripsI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi