Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pengaruh strategi kognitif
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 di MA
DARUSSHOLIHIN NW Kalijaga tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Program
Studi Pendidikan Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dengan desain quasi eksperimen dengan sampel penelitian 31 peserta didik yang
di jadikan sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan dalam
bentuk tes, yaitu pre tes dan post tes. Metode analisis data dan uji hipotesis yang
digunakan adalah rumus uji t dengan signifikan 5% dengan jumlah populasi 79
peserta didik dan sampel berjumlah 31 peserta didik. Hasil analisis data
menggunakan Strategi Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Ekonomi Kelas X Di MA DARUSSHOLIHIN NW Kalijaga Tahun
Pelajaran 2018/2019. Hasil belajar peserta didik melalui pemberian soal tes pada
kelas eksperimen nilai rata-ratanya 77,5 dengan nilai t hitung = 58,9 dan t tabel= 3,54.
Ini menunjukkan bahwa (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Membandingkan hal
tersebut tabel r product moment, pada tabel r product moment N = 31 taraf
kepercayaan 5% diperoleh r tabel sebesar 0,35 yang berarti pengaruhnya kuat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Kognitif dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA DARUSSHOLIHIN NW Kalijaga
Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Strategi Kognitif, Hasil Belajar.