Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan menggunakan media pop-up book berbantuan model example non example
dengan yang tidak diajarkn dengan media pop-up book berbantuan model example
non example pada tema 1 subtema 3 aku merawat tubuhku kelas 1 SDN 5
Masbagik Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain
true experimental design posttest only control design. Tekhnik pengumpulan data
dengan menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
1A dan 1B SDN 5 Masbagik Utara yang berjumlah 64 orang, dan sampel
penelitian ini adalah kelas 1A SDN 5 Masbagik Utara dengan jumlah 32 orang.
Tekhnik analisis yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji t. hasil analisis
menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata skor hasil belajar siswa kelas 1 yaitu X
=71 ≥ X =50 untuk mencari homogenitasnya menggunakan rumus uji F yang
menunjukkan bahwa kedua kelompok mempunyai keadaan yang homogen dilihat
dari nilai Fhitung (3,06) < Ftabel (4,15). Sementara untuk uji hipotesis menggunakan
rumus uji-t diperoleh thitung > ttabel (11,111 > 2,042), Maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pop-up book berbantuan model
example non example pada tema 1 subtema 3 aku merawat tubuhku terhadap hasil
belajar siswa kelas 1 SDN 5 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata kunci : Media Pop-Up Book Berbantuan Model Example Non Example,
Hasil Belajar.