Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh Keterampilan Mengajar (Teaching Skill) Terhadap Prestasi Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Hamzanwadi
NO 1 Pancor Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan
metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Quasi
Eksperimental Design, dengan bentuk Nonequivalen Control Group
Design, yaitu desain yang hampir sama dengan pretest- posttest control
group design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun
kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Dimana kelompok
eksperimen diberi perlakuan dengan keterampilan mengajar (teaching skill)
sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran
konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI
Hamzanwadi 1 Pancor dengan jumlah 21 orang yang menjadi kelas
eksperimen, dan siswa kelas III MI Hamzanwadi 1 Pancor dengan jumlah
21 orang jadi kelas kontrol. Dan Teknik yang digunakan untuk
pengumpulan data adalah tes uraian. Data dianalisis menggunakan uji-t dua
pihak dengan metode sampel related varian. Kemudian dari pengujian
hipotesis dengan uji t didapat thitung ≥ ttabel (3,075 > 2,021) maka hipotesis
Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima yang artinya ada pengaruh
Keterampilan Mengajar (Teaching Skill) Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Hamzanwadi Pancor
Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar (Teaching Skill), Prestasi Belajar