DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR (TEACHING SKILL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI HAMZANWADI NO 1 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HAMZANI, HAMZANI
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-09 07:43:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Keterampilan Mengajar (Teaching Skill) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Hamzanwadi NO 1 Pancor Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk Nonequivalen Control Group Design, yaitu desain yang hampir sama dengan pretest- posttest control group design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Dimana kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan keterampilan mengajar (teaching skill) sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Hamzanwadi 1 Pancor dengan jumlah 21 orang yang menjadi kelas eksperimen, dan siswa kelas III MI Hamzanwadi 1 Pancor dengan jumlah 21 orang jadi kelas kontrol. Dan Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes uraian. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode sampel related varian. Kemudian dari pengujian hipotesis dengan uji t didapat thitung ≥ ttabel (3,075 > 2,021) maka hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima yang artinya ada pengaruh Keterampilan Mengajar (Teaching Skill) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Hamzanwadi Pancor Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Keterampilan Mengajar (Teaching Skill), Prestasi Belajar 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi