Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar tematik
siswa kelas II MI NW Sukamulia yang disebabkan oleh jarangnya guru
menggunakan media yang bervariasi saat berlangsungnya proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan proses pengembangan media big
book dalam pembelajaran tematik dan mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil
belajar siswa kelas II MI NW Sukamulia tahun pelajaran 2018/2019 melalui
penggunaan media big book. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
dan pengembangan (research and development). Prosedur atau langkah-langkah
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan perangkat
modifikasi model ADDIE. Model ADDIE merupakan singkatan dari Analysis,
Design, Development or Production, Implementation or Delivery, and
Evaluations.Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI NW
Sukamulia Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 orang. Hasil pretes dan
postes diperoleh nilai rata-rata pretes adalah 54.67 sedangkan rata-rata postes
adalah 69.78. Skor tertinggi pada pretes adalah 84 dan skor terendah 40, adapun
pada postes skor tertinggi adalah 94 dan skor terendah 40. Nilai ketuntasan
klasikal pretes adalah 40%, sedangkan postes 85%. Dari hasil uji coba ini
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media big book dapat
dikatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di
Kelas II MI NW Sukamulia.
Kata Kunci: pengembangan, media big book, hasil belajar tematik