Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media poster
pembelajaran dengan menggunakan strategi ekspositori yang layak untuk mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN 7 apitaik tahun pelajaran 2018/2019.
Model pengembangan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Borg and Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri dari (1) tahap analisis
kebutuhan; (2) tahap perencanaan; (3) tahap pengembangan produk; (4)tahap uji
validasi; (5) tahap revisi produk; (6) tahap uji coba lapangan; (7) tahap revisi
produk akhir.Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 7 Apitaik sebanyak
22orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswi
perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian iniadalah data kualitatif.
Instrument pengumpulan data meliputiangket respon siswa, lembar validasi ahli
media,lembar validasi ahli materi. Teknik analisis data yangdigunakan dalam
penelitian ini adalah rumus konversi skala 5 untuk validasimedia poster.
Media poster pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan strategi
ekspositori yang didukung oleh materi membaca intensif yang diterapkan oleh
peneliti dalam proses pembelajaran memberikan hal positif bagi siswa. Hal ini
dapat dibuktikan bahwa siswa sangat berantusias mengikuti proses pembelajaran
sampai selesai.Respons siswa terhadap mediaposter mencapai 85% karena
informasi yang disajikan pada proses pembelajaran dapat menarik perhatian
siswa.Hasil belajar siswa terhadap materi yang dibaca bukanlah suatu hal yang
direkayasa, namun ini merupakan realita yang sesungguhnya. Dari hasil uji coba
tersebut setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh
siswa yakni 80 dengan persentase ketuntasan 85%. Ketuntasanhasil belajar siswa
terutama pada materi membaca intensif sudah mencapai standar KKM yang telah
ditentukan yakni ≥60.
Kata kunci: Media poster, strategi ekspositori.