Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yaitu siswa kurang
aktif dalam proses pembelajaran, guru kurang kreatif dalam memilih dan
mengembangkan metode pembelajaran, guru kurang memanfaatkan media.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi Model Pembelajaran STAD
dengan TGT berbantuan media visual terhadap sikap kerjasama siswa. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu posttest-only
Control Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 54
orang. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan
untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahawa: (1)
kelas STAD berdistribusi normal (X2hitung = 1,399 dan X2tabel = 7,815), kelas TGT
berdistribusi normal (X2hitung = 4,537 dan X2tabel = 7,815). (2) berdistribusi
homogenitas dengan Fhitung = 1,87 dan Ftabel = 1,93). (3) uji hipotesis diperoleh
hasil t-hitung = 0,16 dan t-tabel = 2,011. Artinya t-hitung < t-tabel maka Ha ditolak dan
Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada komparasi
Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Teams
Game Tournament (TGT) berbantuan media visual terhadap sikap kerjasama
siswa pada mata pelajaran PKN kelas V MI NW No. 05 Pancor Tahun
Pembelajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Student Teams Achievement Division dengan Teams Game
Tournament berbantuan media visual, Sikap Kerjasama.