DETAIL DOCUMENT
KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN TEAMS GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP SIKAP KERJASAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V MI NW NO 05 PANCOR TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
WADI, HASBAN
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-09 08:07:04 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yaitu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, guru kurang kreatif dalam memilih dan mengembangkan metode pembelajaran, guru kurang memanfaatkan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi Model Pembelajaran STAD dengan TGT berbantuan media visual terhadap sikap kerjasama siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu posttest-only Control Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 54 orang. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahawa: (1) kelas STAD berdistribusi normal (X2hitung = 1,399 dan X2tabel = 7,815), kelas TGT berdistribusi normal (X2hitung = 4,537 dan X2tabel = 7,815). (2) berdistribusi homogenitas dengan Fhitung = 1,87 dan Ftabel = 1,93). (3) uji hipotesis diperoleh hasil t-hitung = 0,16 dan t-tabel = 2,011. Artinya t-hitung < t-tabel maka Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada komparasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Teams Game Tournament (TGT) berbantuan media visual terhadap sikap kerjasama siswa pada mata pelajaran PKN kelas V MI NW No. 05 Pancor Tahun Pembelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Student Teams Achievement Division dengan Teams Game Tournament berbantuan media visual, Sikap Kerjasama. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi