Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional
congklak terhadap motivasi belajar siswa SDN 7 Lendang Nangka Tahun
Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan melalui
observasi dan angket, serta analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas
menggunakan chi-kuadrat, dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t
diperoleh hasil perhitungan bahwa thitung 41,36 ≥ ttabel 11,0, hasil ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan permainan tradisional
congklak terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN 7 Lendang Nangka dan
tingkat korelasinya termasuk dalam kategori kuat serta tingkat pengaruhnya
sebesar 63,4% dan selebihnya 36,6%. Dengan demikian, hipotesis (Ha) yang
diteliti terbukti dan diterima.
Kata Kunci : Permainan Tradisional Congklak, Motivasi Belajar