Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evektivitas Pelaksanaan
Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan
Madrasah Ibtida’iyah Hamzanwadi No 1 Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mencakup dua hal yaitu:
1) Pelaksanaan pendidikan karakter religius melalui kegiatan membaca ayat pendek,
tajwid batu ngopal, pidato, imtaq dan diniyah. Sedangkan karakter disiplin melalui
kegiatan mendampingi siswa untuk kebersihan di pagi hari, memakai pakaian
seragam, dan hadir tepat waktu. 2) pembentukan karaktr religius meliputi
menjalankan ibadah sholat lima waktu, lancar dalam membaca iqra’ dan al-qur’an
serta menghafal ayat-ayat pendek dalam al-quran, memberikan salam dengan guru
maupun dengan orang tua dan berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan. Pembentukan
karakter disiplin meliputi; datang sekolah/kegiatan tepat waktu, memakai pakaian
seragam sekolah sesuai dengan harinya, tertib dalam mengikuti kegiatan,
membersihkan kelas, halaman sekolah, kantor sekolah dan perpustakaan, membuang
sampah pada tempatnya, merapikan alat belajar seperti buku, globe, poster, media
belajar dan menyimpannya pada tempat yang disediakan.
Kata kunci: pendidikan karakter, religius, disiplin