Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan saintifik
pada aspek membaca intensif terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN 1
Masbagik Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental design,
dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas IV SDN 1 Masbagik Timur sebagai kelas eksperimen dan
kelas IV SDN 2 Masbagik Timur sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini berupa tes dan observasi. Teknik analisis data untuk menguji
hipotesis menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar membaca intensif dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dari pada hasil
belajar membaca intensif dengan metode konvensional. Hal tersebut dibuktikan
dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung (2,84) > t-tabel
(1,68). Nilai t-hitung > t-tabel menunjukkan bahwa hasil belajar membaca intensif
kedua kelompok berbeda secara signifikan. Berdasarkan nilai t-hitung tersebut,
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada
aspek membaca intensif memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar
kognitif siswa kelas IV SDN 1 Masbagik Timur.
Kata kunci: pendekatan saintifik, membaca intensif, hasil belajar