DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERTEMA PENGALAMAN PRIBADI KELAS IV SDN 3 PAOKMOTONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HIDAYAH, HIDAYAH
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-11 03:10:21 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan pendekatan kontesktual terhadap kemampuan menulis puisi siswa dengan tema pengalaman pribadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan desain True Experimental Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 paokmotong. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SDN 3 Paokmotong semester I. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 51 siswa terdiri dari 2 kelas kelas IVA berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Tekhnik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dat tes berupa soal essai berjumlah 5 soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 18,81 dan kelas kontrol 14,68, sedangkan pada uji prasyarat bahwa semua data adalah normal dan homogen. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 5% adalah diperoleh thitung sebesar 7,79 setelah dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,01, maka thitung > ttabel (7,79 > 2,01) yang berarti‘’Ha” diterima sedangkan “Ho” ditolak sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan pendekatan kontesktual terhadap kemampuan menulis puisi bertema pengalaman pribadi kelas IV SDN 3 Paokmotong tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Puisi Dan Keterampilan Menulis. 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi