Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan
penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN
3 Sepit dalam menyusun kalimat.. Didalam pembelajaran Bahasa Indonesia,
kurangnya kemampuan menulis pada siswa dipengaruhi oleh berbagai sebab
antara lain : Didalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru kurang
memperhatikan faktor yang dapat menghambat kemampuan menulis pada siswa,
guru sering menggunakan metode yang monoton, siswa belum mampu
mengungkapkan pikiran, perasaan dan kebutuhannya karena belum mampu
menulis, dan masih kentalnya penggunaan bahasa daerah (sasak), sehingga siswa
kurang mampu untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Untuk itulah maka dengan diterapkannya pola permainan kartu kata secara
kelompok pada pembelajaran kalimat sederhana. Maka pembelajaran akan
menjadi lebih bervariasi, efektif, dan menyenagkan bagi siswa .
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Risearch) yang pada hakikatnya merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru
pada saat mengajar di kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses
belajar mengajarBerdasarkan hasil penelitian bahwa adanya kata-kata kasar,
jorok, cabul, makian, dan sejenisnya sengaja atau tidak sengaja terlontar dari lidah
seseorang untuk mengekspresikan segala bentuk ketidak senangan, kebencian,
atau ketidak puasan, tetapi mereka harus menjaga sikapnya atau perilakau
terhadap lawan tuturnya.
Dari pelaksanaan pembelajaran dari hasil penelitian pada siklus I dengan
menggunakan media gambar dalam melaksanakan pembelajaran bahasa
Indonesia tentang menyusun kalimat dengan tema kegemaran pada siswa kelas III
SDN 3 Sepit Tahun Pembelajaran 2018/2019 diperoleh ketuntasan belajar klasikal
60,82 %. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus ini tergolong cukup aktif.
Kata Kunci : ). Penggunaan Media Gambar; Meningkatkan Kemampuan
Menyusun Kalimat; Kegemaran Pada Siswa Kelas III SDN 3
Sepit.